Arsip Blog

Ulul Albab, menjadi manusia sempurna

ulul albab adalah kajian dalam pembentukan insan kamil (manusia yang sempurna) yang memiliki sifat ulul albab yang mengedepankan dzikir, fikr dan amal shaleh

Ulul albab adalah manusia yang bertauhid, yang menjadikan kalimat syahadad sebagai pegangannya dalam menjalani kehidupan yang berpandangan bahwa tidak ada kekuatan  dimuka bumi ini selain kekuatannya Allah. orang yang menyandang predikat ulul albab, didunianya mereka akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT dan diakheratnya mereka akan didudukkan disuatu tempat yang mulia (sorga).

ulul al-albab adalah sosok manusia yang mengedepankan dzikir, fakir dan amal sholeh. Ia memiliki ilmu yang luas, pandangan mata yang tajam, otak yang cerdas, hati yang lembut dan semangat jiwa pejuang (jihad di jalan Allah). (lebih…)

Perbuatan Pidana

   Perbuatan pidana adalah perbuatan yang dilarang oleh suatu aturan hukum, yang diancam dengan pidana. Antara larangan dengan  acaman pidana ada hubungan yang erat, seperti hubungan peristiwa dengan oranng yang menyebabkan peristiwa tersebut, utuk menyatakan hubungan tersebut dipakailah kata “perbuatan” yang berarti  suatu pengertian abstrak yang menunjukan kepada dua hal yang konkrit. Istilah lain yang dipakai dalamhukum pidana, yaitu; “tindakan pidana”. Perbuatan pidana dapat disamakan dengan istilah belanda, yaitu; strafbaarfeit, menurut Simon; strafbaarfeit adalah kelakuan oleh seseorang yang dapat bertanggung jawab, berhubungan denga kesalahan  yang bersifat melawan kukum dan diancam pidana. (lebih…)

Setitik Visi Tentang Amandemen UUD 1945

Oleh Dr. SUTRADARA GINTING – TJETJE H. PADMADINATA

LEWAT setengah abad sejak generasi Revolusi 1945, di Indonesia ini telah lahir generasi Reformasi 1998. Generasi muda ini juga sekaligus (tegelijk) generasi baru; paradigma baru, orientasi baru, pemikiran baru, wawasan baru, dan sangat mungkin sebetulnya menginginkan konstitusi baru sebagai hukum dasar baru di Indonesia.

Mereka ini seolah-olah berkata: “berikanlah kami kesempatan dan kepercayaan untuk menentukan nasib dan masa depan kami, dengan membuat penjabaran yang sesuai dengan tuntutan jaman tentang hal-hal mendasar dalam perikehidupan berbangsa dan bernegara, sebagaimana dengan halnya para senior di jamannya dulu yang mendapat kesempatan dan kepercayaan dari para pendahulu mereka. Kami bukan hanya ahli waris dan penerus dari cita-cita dan warisan nilai-nilai lama, melainkan adalah juga penciptaan nilai-nilai baru. Bukankah anak manusia adalah anak jamannya?” (lebih…)

KISAH BERKAT DI SEBALIK MEMBACA BISMILLAH

download (4)

Ada seorang perempuan tua yang taat beragama, tetapi suaminya seorang yang fasik dan tidak mahu mengerjakan kewajipan agama dan tidak mahu berbuat kebaikan.

Perempuan itu sentiasa membaca Bismillah setiap kali hendak bercakap dan setiap kali dia hendak memulakan sesuatu sentiasa didahului dengan Bismillah. Suaminya tidak suka dengan sikap isterinya dan sentiasa memperolok-olokkan isterinya.

Suaminya berkata sambil mengejak, “Asyik Bismillah, Bismillah. Sekejap-sekejap Bismillah.”

Isterinya tidak berkata apa-apa sebaliknya dia berdoa kepada Allah S.W.T. supaya memberikan hidayah kepada suaminya. Suatu hari suaminya berkata : “Suatu hari nanti akan aku buat kamu kecewa dengan bacaan-bacaanmu itu.” (lebih…)

Kisah lima Perkara Aneh

Abu Laits as-Samarqandi adalah seorang ahli fiqh yang masyur. Suatu ketika dia pernah berkata, ayahku menceritakan bahawa antara Nabi-nabi yang bukan Rasul ada menerima wahyu dalam bentuk mimpi dan ada yang hanya mendengar suara.

Maka salah seorang Nabi yang menerima wahyu melalui mimpi itu, pada suatu malam bermimpi diperintahkan yang berbunyi, “Esok engkau dikehendaki keluar dari rumah pada waktu pagi menghala ke barat. Engkau dikehendaki berbuat, pertama; apa yang negkau lihat (hadapi) maka makanlah, kedua; engkau sembunyikan, ketiga; engkau terimalah, keempat; jangan engkau putuskan harapan, yang kelima; larilah engkau daripadanya.” (lebih…)