Pemikiran Hukum Islam Masa Pertengahan

Setelah banyaknya kitab dan buku yang ditulis para ulama mazhab dan ilmuan lainya, membuat umat Islam seperti dimanja. Apalagi semacan adanya pemaham, bahwa pintu ijtihad telah tertutup pasca iman mazhab, hal ini menimbulkan kemunduran perkembangan hukum Islam. Kemauan dan kemampuan nalar kritis tradisi ijtihad mulai memudar bahkan tenggelam.

Ahli hukum berpendapat bahwa empat aliran hukum diatas yakni: Malikiyah, Hanafiyah, Syafi’iyah dan HaNabillah sudah diganggap cukup, jadi dengan demikian pintu ijtihad telah di anggap tertutup dan selalu memilih jalan taglid (mengikuti pendapat mazhab ) tanpa meneliti sumbernya. Taglid berjalan terus dalam bentuk ini dalam waktu yang lama hingga munculnya suatu gerakan baru yang mendobrak tradisi kuno ini.

Pada masa ini, mulai terlihat adanya konflik antar umat Islam, hal ini dimamfaatkan oleh bangsa barat (yang tenggelam), setelah kebangkitan dan masa emas Islam. Puncaknyaketika jatuhnya kekhilafahan bani Abbasiyah di Baghdad pada 1258 M, akibat serangan Hulagu yang meluluhlantakan bangunan peradaban Islam yang pada waktu itu merupakan mercusuar peradaban dunia.

Sesungguhnya Eropa banyak berhutang budi pada Islam karena banyak sekali peradaban Islam yang mempengaruhi Eropa, seperti dari spanyol, perang salib dan sisilia. Spanyol sendiri merupakan tempat yang paling utama bagi Eropa dalam menyerap ilmu pengetahuan dan kebudayaan Islam, baik dalam bentuk politik, sosial, ekonomi, kebudayaan dan pendidikan.

About Luxman Dialektika

seorang yang masih belajar di Universitas Islam Negri malang fakultas hukum yang aktif di pergerakan dan nyantri di Pesantren NH MALANG, saya orang lampung yang nyasar ke malang, yang terpenting hiduplah sederhana,santun,jujur, gaya terserah kalian dah,, yang terpenting jangan berhenti belajar &a punya konsep masa depan. okee :) salam dialektika

Posted on Agustus 11, 2016, in edukasi and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: