Pengertian Ta’wil

Menurut bahasa, ta’wil berasal dari kata ala, yaitu artinya kembali

التأويل لغة من ال يؤول

Adapun menurut istilah adalah:

التأويل صرف الكلام من ظاهره الى معنى يحتمله بدليل يصيره راجحا (الامام السوكانى)

Artinya   :   Ta’wil ialah mengubah (memalingkan kalimat dari zahirnya pada arti lain yang lebih sesuai dengan alasan yang kuat sehingga arti yang lain inilah yang dianggap lebih sesuai. (Imam Syaukani).

Dengan alasan yang kuat dan syarat-syarat yang lengkap maka dalil tersebut dapat dita’wilkan. Tujuan dari ta’wil adalah agar tidak terjadi kesalah pahaman. Agar cara menta’wil tidak keliru, maka harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

Syahnya suatu ta’wil harus memenuhi syarat-syarat yakni: [1]

  1. Harus sesuai dengan ketentuan-ketentuan syara’ dan istilah-istilah syara’ yang ada
  2. Menunjukkan dalil (alasan tentang ta’wilnya itu), yakni hendaklah lafal nash yang dita’wil itu dipandang mungkin untuk dilakukan, meskipun makna yang dikehendaki jauh dari arti dhohirnya, tetapi tidak boleh hal yang sifatnya asing.
  3. Penta’wilan itu dapat dilakukan bila terjadi perlawanan antara makna nash yang zahir dengan kaidah yang telah ditetapkan atau berlawanan dengan nash yang lebih kuat dalalahnya, seperti antara dalalah dari zahir dengan nash, maka yang zahir harus di ta’wilkan.
  4. Hendaklah ta’wil tersebut di dasari oleh dalil yang logis dan kuat untuk merubah pengertia lahir kepada arti lain yang lebih tepat menurut Abdul Karim Zaidan, dalil disini boleh berupa nash, ijma’, qiyas atau hikmah sebagai dasar umum pembinaan hukum.


[1] Drs. H. A. Syafi’i Karim, Fiqh Ushl Fiqh, 1997

About Luxman Dialektika

seorang yang masih belajar di Universitas Islam Negri malang fakultas hukum yang aktif di pergerakan dan nyantri di Pesantren NH MALANG, saya orang lampung yang nyasar ke malang, yang terpenting hiduplah sederhana,santun,jujur, gaya terserah kalian dah,, yang terpenting jangan berhenti belajar &a punya konsep masa depan. okee :) salam dialektika

Posted on Februari 22, 2014, in edukasi and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: