Akibat Pengolahan Bahan Galian Industri

news_3246_1375285607

Pengolahan bahan galian yang tidak dapat dimanfaatkan dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan, karena bahan bahan bakar industri seperti minyak, batu bara, gas yang menghasilkan bahan bakar. Bahan bakar yang dimaksud seperti bensin, minyak tanah, premium solar, bensol dan lain-lain. Bahan bakar tersebut menghasilkan asap yang dapat mencemari lingkungan seperti pencemaran udara, air yang sebagian besar adalah hasil pembakaran, asap pabrik dan asap kendaraan bermotor.

Dari segi ekologis polusi udara dari kendaraan bermotor menurunkan kesejukan udara yang seharusnya dinikmati oleh masyarakat pengguna jalan (pejalan kaki) penghijauan di sepanjang jalan juga terkena imbasnya. Selain itu racun buangan dari kendaraan bermotor memberikan dampak negatif pada lingkungan. Debu dan kotoran tersebut memberikan dampak bagi udara. Selain itu pula asap buangan tersebut memberikan pengaruh buruk pada pandangan mata dan kesehatan kulit. Kendaraan bermotor memberikan kontribusi kebisingan pada lingkungan. Hampir tidak ada waktu sedetikpun tanpa kendaraan lewat di jalan raya. Polusi suara tersebut dapat memberikan kerusakan alat pendengaran pada manusia.

Hasil proses pengolahan minyak bumi juga dapat menghasilkan keluaran lain yang dapat digunakan seperti sebagaimana berikut di bawah ini:

  1. Aspal

Aspal adalah salah satu material yang digunakan untuk membuat jalan raya.

  1. Gas hidrokarbon

Hidrokarbon adalah bahan untuk memproduksi karet sintesis atau tiruan dari bahan dasar plastik.

  1. Parafin

Parafin adalah salah satu bahan yang dipakai untuk membuat tutup botol, industri tenun-menenun, korek api, lilin batik dan banyak lagi lainnya.

About Luxman Dialektika

seorang lulusan fakultas Hukum Universitas Islam Negri Malang dan meneruskan di Program Magister Ilmu Hukum Universitas Brawijaya yang aktif di pergerakan dan nyantri di Pesantren Salafiyah Syafiiyah Nurul Huda MALANG, saya orang lampung yang nyasar ke malang, yang terpenting dalam hidup ialah sederhana, santun, jujur, gaya terserah kalian saja, yang terpenting jangan berhenti belajar dan punya konsep di masa depan. okee :)

Posted on Februari 22, 2014, in HUDAYA, teknologi, software and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: