Ajaran Hukum

Hukum sebagai sistem peraturan

Sistem mempunyai dua pengertian yang penting untuk dikenali, sekalipun dalam pembicaraan keduanya sering dipakai secara tercampur begitu saja. Yang pertama adalah pengertian sistem sebagai jenis satuan yang mempunyai jenis tatanan tertent. Tatanan tertentu disini menunjuk kepada sesuatu struktur yang tersusun dari bagian-bagian. Kedua, sistem sebagai suatu rencana, metode, atau prosedur untuk mengerjakan sesuatu.dalam pemahaman sistem hukum nanti akan terlihat, bahwa kedua-duanya dapat dikenali kembali pemakaianny. Misalnya pada waktu berbicara mengenai penafsiran dan penemuan hukum.

Pemahaman yang umum mengenai sistem mengatakan bahwa suatu system adalah “umtuk kesatuan yang bersifat komfleks, yang terdiri dari bagian-bagian yang berhubungan satu sama yang lainya.

Hukum sebagai peranata sosial

Institusi bergerak di sekitar kebutuhan manusia. Agar kita bias berbicara mengenai suatu adanya institusi yang demikian itu, kebutuhan yang dilayaninya terlebih dahulu harus mendapatkan pengakuan dari masyarakat itu memang telah mengakui penting kebutuhan tersebut bagi manusia, diantaranya adalah sebagai berikut

  1. Stabilitas, disini kehadiran institusi hukum menimbulkan kemantapan dan keteraturan dalam uasaha manusia untuk memperoleh keadilan hukum itu.
  2. Memberikan kerangka sosial   terhadap kebutuhan dalam masyarakat
  3. Sebagai kerangka sosial untuk ekbutuhan manusia itu, maka institusi menampilkan wujudnya dalam bentuk norma-norma.
  4. Jalinan antar institusi, sekalipun berbagai institusi dalam masyarakat itu diadakan untul menyelenggarakan kebutuhan tertentu. Namun dapat juga dihindari terjadinya tumpang tindih diantara mereka sendiri.

 

Hukum merupakan institusi sosial yang tujuannya adalah untuk menyelenggarakan keadilan dalam masyarakat.

About Luxman Dialektika

seorang yang masih belajar di Universitas Islam Negri malang fakultas hukum yang aktif di pergerakan dan nyantri di Pesantren NH MALANG, saya orang lampung yang nyasar ke malang, yang terpenting hiduplah sederhana,santun,jujur, gaya terserah kalian dah,, yang terpenting jangan berhenti belajar &a punya konsep masa depan. okee :) salam dialektika

Posted on Februari 21, 2014, in edukasi and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: