PERADILAN MASA KHULAFA’ AL-RASYIDIN

A.    Sifat Hukum

Ibnu Qoyyim menjelaskan bahwa abu bakar menghadapi suatu erkara, ia memperhatikan al-Qur’an jika tidak ada maka ia memperhatikan  As-sunnah, bila tidak ditemukan ketetapannya ia menanyakan hadits-hadits terkait.

Sedangkan produk  hukum yang dikeluarkan pada saat itu oleh qodhi bersifat mengikat terhadap orang yang berpekara. Dan untuk yang sufatnya tidak mengikat ditanggani lembaga hukum ifta’

B.     Bentuk Peradilan

Bentuk peradilan awal zaman khulafa’ al rasyidin belum terdapat perubhan yang siknifikan. Baru ketika Umar bin Al- khottob menjabat terjadi per;lusan wilayah dan ersoalan masyarakat yang kompleks. Untuk itu maka uma mengangkat qodli di setiap daerah dengan batasan-batasan wewenang tertentu.

Keistimewaan para qodli pada masa khulafa’ al-rosyidin :

  1. Para qodli kebanyakan mujtahiid dan mereka tidak dibatasi materi perkara
  2. Belum terdapat bagian tersendiri untuk melaksanakan ketetapan Qodli
  3. Belum ada syarat adminitasi
C.    Pola Pelaksanaan Hukum

Al-qur’an dan as0sunnah tidak memperkenalakan sdatu pola dalam masyarakat. Baru ketika masa khulafa’ al-rosyidin, khususnya umar terdapat pola sendiri,karena strktur masyarakat yang berubah dratis. Hal ini secara sosiologis di tinjau wajar.

Dalam pola pelaksanaan hukum oleh umar terdapat ketetapan misalnya dalam diya dari anggota keluarga menjadi Ruh al- tasyri’. Dalam hal pencurian : dari tinjauan besar   obyeknya berkembang pada kondisi subyek. Dan dalam hal muallaf Qulutuhm yang dibebeskan dari zakat

About Luxman Dialektika

seorang lulusan fakultas Hukum Universitas Islam Negri Malang dan meneruskan di Program Magister Ilmu Hukum Universitas Brawijaya yang aktif di pergerakan dan nyantri di Pesantren Salafiyah Syafiiyah Nurul Huda MALANG, saya orang lampung yang nyasar ke malang, yang terpenting dalam hidup ialah sederhana, santun, jujur, gaya terserah kalian saja, yang terpenting jangan berhenti belajar dan punya konsep di masa depan. okee :)

Posted on Februari 17, 2014, in edukasi, HUDAYA and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: