Presiden Impian umat sejagat

luxmanHubungan antara negara dengan agama di Indonesia mencerminkan upaya untuk terus mencari kompromi atau jalan tengah di antara berbagai kepentingan ideologis. Kita tahu, Pancasila akhirnya diteri- ma sebagai jalan kompromi antara kalangannasionalis-agamis, yang menginginkan Islam sebagai dasar negara, dengan kalangan nasio- nalis-sekular.

Di situ negara Indonesia dibayangkan sebagai, dalam istilah Mukti Ali yang terkenal, “bukanlah negara teokratis, dan juga bukan negara sekular.”2 Sampai saat ini, Pancasila memang memberi jalan tengah, kom- promi yang bisa diterima untuk mengelola kemajemukan, pada satu sisi, sekaligus menjaga kesatuan, pada sisi lain. Tapi kompromi itu selalu rentan, goyah, dan sering menimbulkan masalah pelik jika ditempatkan dalam konteks kebebasan beragama. 

dan sosok yang bisa memberikan kenyamanan beragama adalah gusdur, tapi tidak mungkin kita akan menghidupkan kembali belau, akan tetapi kita berhahap ada seorang pemimpin kita yang bisa menghidupkan pluralisme yang ada di indonesia sebagai negara yang humanis dan santun.

dan besar harapan kita pemimpin yang akan dipilih untuk memimpin lima tahun kedepan dapat mempertahankan keutuhan NKRI yang lambatlaun semakin rentan akan ancaman dari dalam maupun luar. amin

About Luxman Dialektika

seorang yang masih belajar di Universitas Islam Negri malang fakultas hukum yang aktif di pergerakan dan nyantri di Pesantren NH MALANG, saya orang lampung yang nyasar ke malang, yang terpenting hiduplah sederhana,santun,jujur, gaya terserah kalian dah,, yang terpenting jangan berhenti belajar &a punya konsep masa depan. okee :) salam dialektika

Posted on Februari 10, 2014, in kabar terkini and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: