Ulul Albab, menjadi manusia sempurna

ulul albab adalah kajian dalam pembentukan insan kamil (manusia yang sempurna) yang memiliki sifat ulul albab yang mengedepankan dzikir, fikr dan amal shaleh

Ulul albab adalah manusia yang bertauhid, yang menjadikan kalimat syahadad sebagai pegangannya dalam menjalani kehidupan yang berpandangan bahwa tidak ada kekuatan  dimuka bumi ini selain kekuatannya Allah. orang yang menyandang predikat ulul albab, didunianya mereka akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT dan diakheratnya mereka akan didudukkan disuatu tempat yang mulia (sorga).

ulul al-albab adalah sosok manusia yang mengedepankan dzikir, fakir dan amal sholeh. Ia memiliki ilmu yang luas, pandangan mata yang tajam, otak yang cerdas, hati yang lembut dan semangat jiwa pejuang (jihad di jalan Allah).

ulul al-albab adalah manusia yang bertauhid dan karenanya ia berkeyakinan bahwa semua makhluk adalah sama dan tiada yang yang lebih tinggi kecuali ia memiliki kemuliaan yang disebabkan ia memiliki ilmu, iman dan amal sholeh (taqwa).

ulul albab adalah orang yang memiliki akal yang murni, yang tidak diselubungi oleh kulit, yakni kabut ide yang dapat melahirkan kerancuan dalam berfikir

ulul albab adalah intelektual muslim atau pemikir yang memiliki ketajaman analisis atas fenomena dan proses alamiah, dan menjadikan kemampuan tersebut untuk membangundan menciptakan kemaslahatan bagi kehidupan manusia.

Ulul Albab adalah sosok intelektual yang mempunyai kedalaman spiritual (Al-Baqarah, 197)

Ulul Albab adalah sosok yang memiliki pengetahuan yang luas (Ali Imran, 190)

Ulul Albab adalah sosok yang mempunyai kemauan kuat untuk melakukan perubahan masyarakat ke arah yang lebih baik, lewat tindakan maupun tindakan maupun keteladanan (AlRa’ad,19-22)

Dari pengertian dari al-quran yang begitu banyak, menunjukan bahwa Ulul albab adalah orang sang spesial yang mempunyai daya juang dan semangat keilmuan yang tinggi dan orang yang selalu mengagungkan nikmat tuhan dengan merenungkan coptaan tuhan sehingga menimbulkan kehambaan dan ketakwaan yang kuut.

Konsep pendidikan karakter lebih tepat bila menggunakan konsep ulul albab yang sangat relevan dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang diiringi dengan pengawalan dan bimbingan agama yang kuat.

Posted on Januari 23, 2014, in edukasi and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: