WAKAF DALAM TATA HUKUM INDONESIA

Lembaga wakaf dikenal sejak agama Islam masuk ke Indonesia sebelum agama Islam masuk ke bumi nusantara, telah di kenal suatu lembaga yang mirip dengan lembaga wakaf, missal : Huma Serang di masyarakat Badui di Cirebon, Banten Selatan, Tanah Preman di Lombok1 dalam tradisi berikutnya wakaf membudaya dan menjadi umat Islam lembaga ini sangat menjunjung perkembangan agama Islam, khususnya dalam menyelesaikan sarana peribadatan, pendidikan sosial dan lain-lain.

Karena demikian pentingnya wakaf bagi orang Islam, maka tidak mengherankan apabila pengatruran-pengaturan mengenai lembaga ini telah ada sejak zaman pemrintahan kolonial Hindia Belanda misalnya yang terdapat (1) Bijblad (tambahan lembaga negara) nomor 6196, tahun 1965 (2) Bijblad nomor 12573 tahun 1931, (3) Bijblad nomor 13390 tahun 1934 dan (4) Bijblad nomor tahun 1935,2

Sementara itu setelah Indonesia merdeka, lahir peraturan perundang-undangan mengenai perwakafan, misalnya (1) undang-undang No. 5 tahun 1960 tentang peraturan dasar pokok-pokok Agraria, (2) peraturan pemerintah No. 10 tahun 1961 tentang pendaftaran tanah.3, (3) peraturan pemerintah No. 38 tahun 1936 tentang penunjukan badan hukum yang dapat mempunyai hak milik atas tanah, (4) peraturan pemerinta No. 24 tahun 1997 tentang pendaftaran tanah dan berbagai peraturan-peraturan.4.

Iklan

About Luxman Dialektika

seorang lulusan fakultas Hukum Universitas Islam Negeri Malang dan meneruskan di Program Magister Ilmu Hukum Universitas Brawijaya yang aktif di pergerakan dan nyantri di Pesantren Salafiyah Syafiiyah Nurul Huda MALANG, saya orang lampung yang nyasar ke malang, yang terpenting dalam hidup ialah sederhana, santun, jujur, gaya terserah kalian saja, yang terpenting jangan berhenti belajar dan punya konsep di masa depan. okee :)

Posted on November 4, 2013, in edukasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: