Rumor Dan Cerita Bohong Tentang Ya’juj dan Ma’juj

 Sebagian sejarawan dan Mufasir menceritakan kisah yang aneh tentang Ya’juj dan Ma’juj, tentang asal dan keturunan mereka, tentang tempat tinggal mereka, gambaran, bentuk, sifat, dan sebagainya. Semua ini mereka ambil dari riwayat Israiliat sehingga cerita itu hanyalah cerita bohong dan rumor belaka.

Diantara rumor dan cerita bohong itu adalah sebagai berikut:

  • Ya’juj dan Ma’juj adalah keturunan Adam, tetapi bukan dari Hawa. Jadi, mereka saudara satu bapak dengan Bani Adam. Padahal, tidak ada riwayat bahwa Adam mempunyai isteri selain Hawa.
  • Ya’juj dan Ma’juj berasal dari sperma Adam. Konon Adam tidur diatas tanah kemudian bermimpi, lalu maninya bercampur dengan tanah. Kemudian, diciptakanlah Ya’juj dan Ma’juj dari mani yang bercampur dengan tanah tersebut.
  • Mereka adalah anakYafis bin Nuh yang bertolak ke daerah timur setelah terjadinya banjir besar.
  • Mereka terdiri atas 22 kabilah. Adapun Dzulkarnain, ketika membangun tembok, Ia memisahkan di belakangnya 21 kabilah dan satu kabilah lagi di tinggalkan. Karena itu, mereka dinamakan “At-Turk” karena mereka ditinggalkan diluar tembok.
  • Setiap kabilah itu berjumlah empat ratus ribu umat.
  • Seorang laki-laki diantara mereka tidak mati sampai melihat seribu anaknya dan semuanya telah mengangkat senjata.
  • Tinggi tubuh mereka berlainan ada yang setinggi pohon kurma, pohon padi Lebanon, ada yang setinggi empat hasta, ada yang tiga jengkal, ada yang satu jengkal, bahkan ada yang seujung jari, ada yang mempumyai dua telinga yang panjang seperti telinga gajah yang satu menjuntai ke bawah dan berjalan dengan satunya lagi ke atas.
  • Di antara kerusakan dan perbuatan mereka yang merusak adalah jika melewati gajah, binatang buas, unta, atau babi mereka akan memakanya, juga memakan teman mereka yang sudah mati.
  • Mereka mempunyai cakar di kuku-kuku mereka, gigi mereka seperti binatang buas,mempunyai bulu panjang yang menutupi tubuh mereka sehingga melindungi mereka dari panas dan dingin.
  • Mereka hidup bebas bersama-sama, melakukan hubungan seperti binatang, wanita boleh di nikmati oleh siapa pun dan lelaki tidak mempunyai isteri yang pasti.
  • Diantara mereka ada yang berjalan seperti serigala ada pula yang melompat-lompat. Ada yang berbicara dengan cara berbisik-bisik, ada yang mempunyai empat mata atau satu kaki, dan ada pula yang meminum darah.

Sesungguhnya Ya’juj dan Ma’juj adalah anak cucu adam, mereka manusia biasa yang mempunyai kebiasaan yang seperti kita. Jasad, bentuk tubuh, dan sifat mereka menyerupai kita. Merekatidak berbeda dengan kita kecuali dalam hal jumlah yang banyak yang tersebar luas, suka membinasakan, merusak, dan menghancurkan.

 


[1] dikutip dari Sayuti, ad-Dur Al-Mantsur: 5:454-464

About Luxman Dialektika

seorang lulusan fakultas Hukum Universitas Islam Negri Malang dan meneruskan di Program Magister Ilmu Hukum Universitas Brawijaya yang aktif di pergerakan dan nyantri di Pesantren Salafiyah Syafiiyah Nurul Huda MALANG, saya orang lampung yang nyasar ke malang, yang terpenting dalam hidup ialah sederhana, santun, jujur, gaya terserah kalian saja, yang terpenting jangan berhenti belajar dan punya konsep di masa depan. okee :)

Posted on September 7, 2013, in edukasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: