Industrialisasi Kampus

Kampus adalah tempat untuk menuntut ilmu pengetahuan bagi mahasiswa, yang mana kampus sering disebut tempat yang sangat intelektualis dan berwacana ilmiah serta dialektis. Yang terjadi sekarang justru sebaliknya. Bahkan Romo Mangun Kusumo dalam bukunya School is Deat menyatakan bahwa sekolah atau kampus sudah tidak ada. Karena yang ada model sekolah yang images (2)menindas dan penindasan yang sangat halus dengan model pembodohan dalam lembaga pendidikan itu sendiri. Konkrit yang terjadi bahwa pendidikan di Indonesia tidak pernah mampu untuk mengangkat harkat martabat bangsa dan menjawab atas persoalan rakyat dan membebaskan rakyat dari ketertindasan. Ini yang sesuai dikatakan oleh Paulo Friere.

Kampus yang seharusnya menjadi tempat untuk memunculkan sarjana yang ahli dibidangnya dan yang akan membawa keadilan dan menjawab terhadap problem yang ada. Munculnya NKK/BKK, PP No 60,61, dan terakhir adalah Round WTO di Hongkong menjadikan kampus bukan lagi tempat untuk menggali wacana intelektual ynag untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Namun kampus menjadi barang komoditi yang siap untuk diperjual belikan dengan cara berlomba-lomba untuk mengadakan lembaga yang mewah dan mahal yang bersaing terhadap kampus lain yang menjadikan mahasiswa sebagai objeknya. Hingga yang terjadi kampus semakin mahal dan tidak dapat dijangkau lagi oleh golongan menengah kebawah. Namun hanya bisa diakses oleh golongan Borjuasi.

Berikutnya terjadinya Dikotomi dalam kampus itu sendiri, yaitu kampus bonafit hanya untuk golongan bonafit pula, namun kampus yang tidak berkwalitas dan kukuh hanya untuk orang yang tidak punya uang. Ini konkrit terjadi di Indonesia secara umum dan di Jombang sendiri khususnya. Hingga yang terjadi adalah komersialisasi pendidikan yang makin hari makin mahal, dan juga masih banyaknya pungutan liar yang terjadi dikalangan kampus

Posted on Juni 20, 2013, in edukasi and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: