Bahaya Onani bagi Kesehatan Pria serta Cara Menghentikan Kebiasaan Onani

http://emprorerfaisal.blogspot.com/

Banyak pria melakukan masturbasi / onani, bahkan ada yang hingga kecanduan sampai-sampai jadi gelisah jika sehari saja tidak melakukannya.  masturbasi juga punya efek samping jika terlalu sering dilakukan.
Tidak ada batasan yang pasti tentang seberapa sering pria boleh masturbasi. Meski dipengaruhi banyak faktor termasuk usia, ada beberapa pendapat yang menyebut frekuensi ideal untuk ejakulasi adalah 2-3 kali seminggu baik melalui masturbasi maupun hubungan seks yang sesungguhnya. (tatapi lebih baik tidak melakukan onani / masturbasi)

Dikutip dari AskMen, masturbasi yang terlalu sering bisa memicu aktivitas berlebih pada saraf parasimpatik. Dampaknya adalah produksi hormon-hormon dan senyawa kimia seks meningkat teramasuk asetilkolin, dopamin dan serotonin.

Ketidakseimbangan kimiawi yang terjadi akibat hobi masturbasi yang terlalu sering bisa memicu berbagai macam gangguan kesehatan antara lain sebagai berikut:
1. Impotensi
Gangguan pada saraf parasimpatik bisa mempengaruhi kemampuan otak dalam merespons rangsang seksual. Akibatnya kemampuan ereksi melemah, bahkan dalam tingkat keparahan tertentu bisa menyebabkan impotensi yakni gangguan seksual yang menyebabkan penis tidak bisa berdiri sama sekali.

2. Kebocoran katup air mani
Bukan hanya ereksi saja yang terpengaruh oleh kerusakan saraf, kemampuan saluran air mani untuk membuka dan menutup pada waktu yag tepat juga terganggu. Akibatnya sperma dan air mani tidak hanya keluar saat ereksi, lendir-lendir tersebut bisa juga keluar sewaktu-waktu seperti ingus sekalipun penis sedang dalam kondisi lemas.

3. Kebotakan

Dampak lain dari ketidakseimbangan hormon yang terjadi jika terlalu sering masturbasi adalah kerontokan rambut. Jika tidak diatasi, lama-kelamaan akan memicu kebotakan atau penipisan rambut pada pria.

4. Nyeri punggung dan selangkangan
Kontraksi otot saat mengalami orgasme bisa memicu nyeri otot, terutama di daerah punggung dan selangkangan. Bagi yang melakukannya dengan tangan kosong tanpa pelumas, rasa nyeri juga bisa menyerang penis karena gesekan yang terjadi bisa menyebabkan lecet-lecet.

5. Rasa letih sepanjang hari
Setiap kali tubuhnya mengejang karena orgasme, pria akan kehilangan cukup banyak energi karena hampir semua otot akan mengalami kontraksi. Akibatnya jika terlalu sering, pria akan kehilangan gairah untuk beraktivitas dan cenderung akan merasa ngantuk sepanjang hari.

Sementara menurut pakar seks Dr Andri Wanananda MS, masturbasi relatif normal bila dilakukan tidak sampai mengggangu kegiatan produktif sehari-hari.

Diakuinya memang ada dampak masturbasi yang keseringan yakni terjadi ejakulasi dini saat sanggama dengan pasangannya.

“Hal ini disebabkan oleh kebiasaan tergesa-gesa saat masturbasi karena ingin cepat merasakan kenikmatan orgasme seorang diri (self-satisfaction). Lalu ketika ia menikah, sifat tersebut masih terpatri pada dirinya hingga mengabaikan eksistensi isterinya. Itulah yang menyebabkan banyak kasus ejakulasi dini,” tutur Dr Andri dalam konsultasi kesehatan.

Cara Mengatasinya :

  1. Jadikan dirimu sesibuk mungkin sehingga tidak ada waktu untuk onani.
  2. Jangan biarkan dirimu selalu menyendiri sehingga sering melamun.
  3. Pikirlah perasaan malu dengan keluarga jika seandainnya mereka mengetahui.
  4. Pikirkan dampak buruk onani dimasa depan.
  5. Dekatkan diri kepada tuhan.
  6. Jauhi teman – teman / lingkungan yang mengajak untuk melakukan onani.
  7. Jangan menonton film porno ataupun semua yang dapat mengundang nafsu seksual.
  8. Kecamkan dalam hati kalau onani adalah kegiatan yang tidak ada gunanya sama sekali.
  9. Pikirkan bagaimana jika kita menikah dan dampak buruk dari onani muncul saat itu.
  10. Banyak – banyak mengingat tuhan

About Luxman Dialektika

seorang yang masih belajar di Universitas Islam Negri malang fakultas hukum yang aktif di pergerakan dan nyantri di Pesantren NH MALANG, saya orang lampung yang nyasar ke malang, yang terpenting hiduplah sederhana,santun,jujur, gaya terserah kalian dah,, yang terpenting jangan berhenti belajar &a punya konsep masa depan. okee :) salam dialektika

Posted on Januari 21, 2013, in kesehatan. Bookmark the permalink. 286 Komentar.

  1. onani atau di bilang sex tangan itu kan termasuk salah satu dari 10 prilaku yang tidak lirik atau tidak di hiraukan oleh Allah pada hari Kiamat …..

  2. Apakah menyebabkan mandul gan

    Tolong di bls
    plizzzz

  3. Izin tanya,
    Terus bagai mana scaranya supaya,kita.tidak hobi onani
    Dan supaya selalu suka sma wanita tdakk sma lakki laki.
    Mhon jwaban nya.

  4. Saya keseringan melakukannya,jadi penyakitku hilang-hilang timbul gara2 apa gk tau…

  5. apakah onani bisa berpengaruh terhadap bak kita,soalnya gw ngerasain kalau lagi duduk bawaannya pengen ngecing,itu kenapa ya gan

  6. Dok saya melakukan onani sejak SMP sampai SMA. Dan terbukti dampak negative dari keseringan onani ternyata memang bisa membuat badan kurus,terutama dengkul.dengkul menjadi menonjol.dan penis tidak tegang saat melakukan seks.

  7. dok saya mau tanya terkadang sudah lama bisa aku hentikan melakukan onani tp makin lama melakukan onani lagi la kenapa ya dok kok bsa melakukan onani lagi ..gmna caranya ya dok.trmksh

  8. Mau nanya nih…
    Kan ktanya klo onani g baik bgi kesehatan
    Kalo misalnya mimpi basah stiap hari apakah juga g baik bagi kesehatan? Kan sama2 keluar sperma

  9. dok apakah kalau sering onani seperm
    a jadi berkurang

  10. Dok numpang nnya ni. Orang yg sering mlakukan onani itu kan ada benjolan yg timbul di telor ya dok. Akan mengakibatkan apa itu dok? Dan apa solusi utk mnyembuhkn ya dok? Biar gk ada lgi benjolan ya

  11. dok cara mengobati kalau sudah terlanjur trkna dampknya gimna……..
    tolong bles…

  12. mw tau gk cara paling ampuh buat selesain masalah xxx 1 berzina(bercanda)save web ini,kalo lagi nafsu langsung dibaca, 2 langsung wudhu dan sholat 3 nonton bokep(bercanda)jangan menghayal kalo lg menghayal langsung denger musik,kalo mw tidur jngn dulu deh langsung denger musik aja dan 4 buat benteng loe upgrade townhall coc(bercanda lagi)tingkatkan tekat anda pengen.

  13. ya,,,,allah jauh knlh hmba mu ini dri yg nma x onani,,,,,amiiiiiin n thnkz ats info x,,gays

  14. kalau saya analisa..para pecandu onani tersebut harus ingat masa depan mereka masing-masing…dan hentikan prilaku tercela tersebut dengan segera..karena bisa merusak iman dan kreatifitas kita.

  15. jujur bos ane ngocok dri klas 2smp hingga sekarang umur ane 21 thn .. asli bos ngocok buat rambut menipis dan rontok dh itu buat bdn lmes lgi ahhh parah lh poko nya ngocok .gw gak mau nanti punya anak cacat kasian anak istri kita
    ayo bos kita sama sama membulat kan tekad untuk tdk ngocok walaupun sulit untuk menghilang kn kebiasaan tsb .
    #onanimerusakgenerasi

  16. Saya sulit sekali tidak melakukan onani dalam sehari

  17. Tlong ane..saya sring melakuknnya .skrng sy kurus.jdi malu sm pcar

  18. Dok saya ni sering kali onani tpi ga tiap hari,si,. Pling lama 2 hari dok ..gi mna cara menghilangkan ny dok, tiap liat film dikit mulai pengen dok. Mhon di kasi tau dok y. Aqu pengen berubah dok.

  19. Share dok,. Dok numpang nanya ni,dok
    Saya sering kali onani tpi ga,tiap hari dok,. Apakah sering kali onanai bisa mngakibatkan,penuaan tubuh ya dok.

  20. buat kalian yang sering onani..
    mulai sekarang stop.mendingan kalian cepat” nikah lha..dari pada onani terus menerus bisa membuat mental anda.
    bisa” oinggang anda merasakan sakit..
    mendingan kalian cepat” nikah aja.biar jangan sampai kyak gitu”

  21. Mantan colier selama 30 tahun..ampuni aq ya rabbiii

    Byk onani bikin minder.. Gak bisa bergaul sec normal..krn di benak nafsu mulu akibat saraf otak terkondisi hal tersebut… Kmdn di kembari jin.. ini bs di buktikan pd onaners/colier yg onani ngebayangin tetangga dll.. yg bersangkutan akn merasakan jg.. di kalimantan di bilang jd hantu… dapat di tangkap ruhnya… dikerjain.. biasanya dibikin nafsu sesama jenis biar kapok… org tersebt biasa ditegur krn bs dilihat sec kebatinan… Sekali kali gak masalah.. jgn jd hobi shg merusak otak… kelebihan hormon dll…. Dan susah kembali bru klu fokus otak melulu kesana… Harus berlatih keras utk perbaiki….

  22. nemu artikel ini, makasih infonya.
    saran saja untuk isi artikel tentang cara mengatasinya. nomor 5 dan 10 intinya sama. dihapus salah satu atau diganti kalimat (sehingga beda makna).

    makasih, mampir tempatku jg min… hehehee
    sekalian minta kontaknya ada? ada yg ingin saya tanyakan, kebetulan sama-sama wordpress

  23. share dok .. bagaimana caranya untuk bisa membuat manik kita seperti semula lagi dok , dan mempunyai keturunan…

  24. Bagi yg sdh dewasa, Yang sering onani, cpt2 aja tuuch nikahx, biar seksx tersalurkan… Sayang tuuch, spermax dbuang2…
    Ato kl blm mampu nikah, beli aja tuuch seks toys.. Hehehehe…
    Kl masih ngga mampu juga beli, bolongin aja tuuch batang pisang d belakang rumah kalian, pake itu aja nyalurinx..

  25. dok saya dri smp kelas satu sampe sma, masih suka onani, terus sampe sekarang jadi ada bintik2 merah di sekitar tubuh, apakah sering onani bisa berakibat HIV? tolong di jawab, makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: