Bahaya Onani bagi Kesehatan Pria serta Cara Menghentikan Kebiasaan Onani

http://emprorerfaisal.blogspot.com/

Banyak pria melakukan masturbasi / onani, bahkan ada yang hingga kecanduan sampai-sampai jadi gelisah jika sehari saja tidak melakukannya.  masturbasi juga punya efek samping jika terlalu sering dilakukan.
Tidak ada batasan yang pasti tentang seberapa sering pria boleh masturbasi. Meski dipengaruhi banyak faktor termasuk usia, ada beberapa pendapat yang menyebut frekuensi ideal untuk ejakulasi adalah 2-3 kali seminggu baik melalui masturbasi maupun hubungan seks yang sesungguhnya. (tatapi lebih baik tidak melakukan onani / masturbasi)

Dikutip dari AskMen, masturbasi yang terlalu sering bisa memicu aktivitas berlebih pada saraf parasimpatik. Dampaknya adalah produksi hormon-hormon dan senyawa kimia seks meningkat teramasuk asetilkolin, dopamin dan serotonin.

Ketidakseimbangan kimiawi yang terjadi akibat hobi masturbasi yang terlalu sering bisa memicu berbagai macam gangguan kesehatan antara lain sebagai berikut:
1. Impotensi
Gangguan pada saraf parasimpatik bisa mempengaruhi kemampuan otak dalam merespons rangsang seksual. Akibatnya kemampuan ereksi melemah, bahkan dalam tingkat keparahan tertentu bisa menyebabkan impotensi yakni gangguan seksual yang menyebabkan penis tidak bisa berdiri sama sekali.

2. Kebocoran katup air mani
Bukan hanya ereksi saja yang terpengaruh oleh kerusakan saraf, kemampuan saluran air mani untuk membuka dan menutup pada waktu yag tepat juga terganggu. Akibatnya sperma dan air mani tidak hanya keluar saat ereksi, lendir-lendir tersebut bisa juga keluar sewaktu-waktu seperti ingus sekalipun penis sedang dalam kondisi lemas.

3. Kebotakan

Dampak lain dari ketidakseimbangan hormon yang terjadi jika terlalu sering masturbasi adalah kerontokan rambut. Jika tidak diatasi, lama-kelamaan akan memicu kebotakan atau penipisan rambut pada pria.

4. Nyeri punggung dan selangkangan
Kontraksi otot saat mengalami orgasme bisa memicu nyeri otot, terutama di daerah punggung dan selangkangan. Bagi yang melakukannya dengan tangan kosong tanpa pelumas, rasa nyeri juga bisa menyerang penis karena gesekan yang terjadi bisa menyebabkan lecet-lecet.

5. Rasa letih sepanjang hari
Setiap kali tubuhnya mengejang karena orgasme, pria akan kehilangan cukup banyak energi karena hampir semua otot akan mengalami kontraksi. Akibatnya jika terlalu sering, pria akan kehilangan gairah untuk beraktivitas dan cenderung akan merasa ngantuk sepanjang hari.

Sementara menurut pakar seks Dr Andri Wanananda MS, masturbasi relatif normal bila dilakukan tidak sampai mengggangu kegiatan produktif sehari-hari.

Diakuinya memang ada dampak masturbasi yang keseringan yakni terjadi ejakulasi dini saat sanggama dengan pasangannya.

“Hal ini disebabkan oleh kebiasaan tergesa-gesa saat masturbasi karena ingin cepat merasakan kenikmatan orgasme seorang diri (self-satisfaction). Lalu ketika ia menikah, sifat tersebut masih terpatri pada dirinya hingga mengabaikan eksistensi isterinya. Itulah yang menyebabkan banyak kasus ejakulasi dini,” tutur Dr Andri dalam konsultasi kesehatan.

Cara Mengatasinya :

  1. Jadikan dirimu sesibuk mungkin sehingga tidak ada waktu untuk onani.
  2. Jangan biarkan dirimu selalu menyendiri sehingga sering melamun.
  3. Pikirlah perasaan malu dengan keluarga jika seandainnya mereka mengetahui.
  4. Pikirkan dampak buruk onani dimasa depan.
  5. Dekatkan diri kepada tuhan.
  6. Jauhi teman – teman / lingkungan yang mengajak untuk melakukan onani.
  7. Jangan menonton film porno ataupun semua yang dapat mengundang nafsu seksual.
  8. Kecamkan dalam hati kalau onani adalah kegiatan yang tidak ada gunanya sama sekali.
  9. Pikirkan bagaimana jika kita menikah dan dampak buruk dari onani muncul saat itu.
  10. Banyak – banyak mengingat tuhan

About Luxman Blog Dialektika

seorang yang masih belajar di Universitas Islam Negri malang fak.hukuh. yang aktiv di pergerakan dan nyantri di Pesantren NH MALANG, gua oarang lampung yang nyasar ke malang, yang terpenting hiduplah sederhana,santun,jujur, gaya terserah loe dah,, yang terpenting jangan berhenti belajar & punya konsep masa depan. okee brayy..

Posted on Januari 21, 2013, in kesehatan. Bookmark the permalink. 222 Komentar.

  1. Makasih infonya ,insya alloh saya tdk akan onani lgi ,kecuali ama istri . . .ha ha ha

  2. deno juanda kurnia

    apakah memengaruhi otak atau kepintaran gan ??

  3. daripada nyesal kemudian,lebih baik berhenti onani sekarang

  4. aku pengen bertaubat, dan tidak melakukan perbuatan onani lg.

  5. Thank min…,sekalian numpang iklan y..!! ni gan yg mau nyoba Bisnis online termudah dan terbukti membayar, Cuma isi survei dibayar Rp 2.000,-, sehari bisa survei 100 data berarti dapat Rp 200.000,-, coba aja: http://www.indosurvei.com/harun/

  6. gx akan onani lg dc
    udah tobat
    gw dh ngerasa akibatnya

  7. Thanks info’y , kalo misalkn onani dalam shari 6X nthu gmana ?

    M0h0n di jawb .

  8. Sebelumnya minta maaf.

    Apakah yg punya blog ini
    pernah melakukan onani,
    padahal onani itukan enak
    tapi kenapa bisa di bilang
    berbahaya…

  9. Tapikan gan,onani enak bgt jdi susah nak berhenti
    meskipun tengok tips2 diatas

  10. Nyesel lh pokok nya..

  11. aku malah sering,karna enak gan, saya setiap hari kalo onani pake mukena sutra ,tolong dijawab

  12. saya pernah onani pake mukena sutra ,apa dampaknya tlong beri tau

  13. saya pernah onani pake mukena sutra warna pink ,apa dampaknya tlong beri tau

  14. Jadi lah pria yg bertanggung jawab atas diri nya tgglkan onani secara bertahap insya allah
    Dgn mengurangi anda psti bisa berhanti

  15. Okee..!!
    Sekarang Gw niat mau berhenti Ngocok

  16. kdang q brfkr,sampe kpn q hrs ktergantungn?

  17. pengen’tobat’tpi’kok’sulit’banget
    gmana’caranya,…agar’bsa’nglupain/nglupain’itu

  18. ya,akan ku coba dan q tahan sekuat hati q.dgn cara tips2 di atas.
    tp aq mau nanya mana yg lebh baik kita melakukan hubungan intim,dr pada ongani jika kalo saya benar2 sudah gk tahan lg ?

  19. Mksh gays ats informasi nya skrng gua udh ngerti nd udh tau brti onani tuh membahayakan

  20. Mari basmi kemaksiatan

  21. Onani hampir dilakukan semua orang

  22. Apakah kebiasaan onani
    Bisa menimbulkan tidak punya keturunan
    Walau pun mani nya keluar.

  23. Saya kseringan oNani,smpai2 luTut sya kering dan tingGal tUlang yg keliatan,apa oBatx untUk membesarkan dan menguatkan kembli lutut yg gi2?tloNg djawaB

  24. saya gak mau berhenti onani ngerti ?

  25. aduh kirain yg suka onani gue aja ternyata banyak yg suka onani :)

  26. Lebih baik ngocok dari pada buang duit kelokalisasi…. lebih baik ngocok dari pada main sama istri orang resiko digebukin warga…. lebih baik ngocok dari pada merkosa nenek” ato anak”….. musuh besar manusia adalah nafsu….

  27. apa kah air mani lelaki bsa kring akibat unani

  1. Ping-balik: Bahaya onani | Mading Kesehatan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: