Bahaya Onani bagi Kesehatan Pria serta Cara Menghentikan Kebiasaan Onani

http://emprorerfaisal.blogspot.com/

Banyak pria melakukan masturbasi / onani, bahkan ada yang hingga kecanduan sampai-sampai jadi gelisah jika sehari saja tidak melakukannya.  masturbasi juga punya efek samping jika terlalu sering dilakukan.
Tidak ada batasan yang pasti tentang seberapa sering pria boleh masturbasi. Meski dipengaruhi banyak faktor termasuk usia, ada beberapa pendapat yang menyebut frekuensi ideal untuk ejakulasi adalah 2-3 kali seminggu baik melalui masturbasi maupun hubungan seks yang sesungguhnya. (tatapi lebih baik tidak melakukan onani / masturbasi)

Dikutip dari AskMen, masturbasi yang terlalu sering bisa memicu aktivitas berlebih pada saraf parasimpatik. Dampaknya adalah produksi hormon-hormon dan senyawa kimia seks meningkat teramasuk asetilkolin, dopamin dan serotonin.

Ketidakseimbangan kimiawi yang terjadi akibat hobi masturbasi yang terlalu sering bisa memicu berbagai macam gangguan kesehatan antara lain sebagai berikut:
1. Impotensi
Gangguan pada saraf parasimpatik bisa mempengaruhi kemampuan otak dalam merespons rangsang seksual. Akibatnya kemampuan ereksi melemah, bahkan dalam tingkat keparahan tertentu bisa menyebabkan impotensi yakni gangguan seksual yang menyebabkan penis tidak bisa berdiri sama sekali.

2. Kebocoran katup air mani
Bukan hanya ereksi saja yang terpengaruh oleh kerusakan saraf, kemampuan saluran air mani untuk membuka dan menutup pada waktu yag tepat juga terganggu. Akibatnya sperma dan air mani tidak hanya keluar saat ereksi, lendir-lendir tersebut bisa juga keluar sewaktu-waktu seperti ingus sekalipun penis sedang dalam kondisi lemas.

3. Kebotakan

Dampak lain dari ketidakseimbangan hormon yang terjadi jika terlalu sering masturbasi adalah kerontokan rambut. Jika tidak diatasi, lama-kelamaan akan memicu kebotakan atau penipisan rambut pada pria.

4. Nyeri punggung dan selangkangan
Kontraksi otot saat mengalami orgasme bisa memicu nyeri otot, terutama di daerah punggung dan selangkangan. Bagi yang melakukannya dengan tangan kosong tanpa pelumas, rasa nyeri juga bisa menyerang penis karena gesekan yang terjadi bisa menyebabkan lecet-lecet.

5. Rasa letih sepanjang hari
Setiap kali tubuhnya mengejang karena orgasme, pria akan kehilangan cukup banyak energi karena hampir semua otot akan mengalami kontraksi. Akibatnya jika terlalu sering, pria akan kehilangan gairah untuk beraktivitas dan cenderung akan merasa ngantuk sepanjang hari.

Sementara menurut pakar seks Dr Andri Wanananda MS, masturbasi relatif normal bila dilakukan tidak sampai mengggangu kegiatan produktif sehari-hari.

Diakuinya memang ada dampak masturbasi yang keseringan yakni terjadi ejakulasi dini saat sanggama dengan pasangannya.

“Hal ini disebabkan oleh kebiasaan tergesa-gesa saat masturbasi karena ingin cepat merasakan kenikmatan orgasme seorang diri (self-satisfaction). Lalu ketika ia menikah, sifat tersebut masih terpatri pada dirinya hingga mengabaikan eksistensi isterinya. Itulah yang menyebabkan banyak kasus ejakulasi dini,” tutur Dr Andri dalam konsultasi kesehatan.

Cara Mengatasinya :

  1. Jadikan dirimu sesibuk mungkin sehingga tidak ada waktu untuk onani.
  2. Jangan biarkan dirimu selalu menyendiri sehingga sering melamun.
  3. Pikirlah perasaan malu dengan keluarga jika seandainnya mereka mengetahui.
  4. Pikirkan dampak buruk onani dimasa depan.
  5. Dekatkan diri kepada tuhan.
  6. Jauhi teman – teman / lingkungan yang mengajak untuk melakukan onani.
  7. Jangan menonton film porno ataupun semua yang dapat mengundang nafsu seksual.
  8. Kecamkan dalam hati kalau onani adalah kegiatan yang tidak ada gunanya sama sekali.
  9. Pikirkan bagaimana jika kita menikah dan dampak buruk dari onani muncul saat itu.
  10. Banyak – banyak mengingat tuhan

About Luxman Blog Dialektika

seorang yang masih belajar di Universitas Islam Negri malang fak.hukuh. yang aktiv di pergerakan dan nyantri di Pesantren NH MALANG, gua oarang lampung yang nyasar ke malang, yang terpenting hiduplah sederhana,santun,jujur, gaya terserah loe dah,, yang terpenting jangan berhenti belajar & punya konsep masa depan. okee brayy..

Posted on Januari 21, 2013, in kesehatan. Bookmark the permalink. 181 Komentar.

  1. ,enak nya apa si onani itu hhhee,,, :D

  2. Janganlah masturbasi/ onani terus menerus, karena bisa mengganggu kesehatan

  3. enak sih enak tapi pikirkan masa depan!

  4. seskali sih gk apa apa :D Dari pada Berbuat jinah ^^

  5. maksh atas info nya dan saran nya
    mga kebiasa.n ku berhnti dan smbuh pnyakt ku,

    bnyk jga y . kraen cma ak aj. :-p

  6. He he he
    aku juga sering x onani…semoga bhn yg d ats jd tips,yg tpt untuk stop masturbstions.,,Sms aku ya,,,085207466431,..

  7. gan tlong d jwb, jika onani sehari sekali bgaimna. tidak apa2 apkah sma. dan kash tau jika trlalu kbnyakan onani apakah benar akan mandul. tlong blas

  8. aduhh trnyata bnyak efek negatif dibalik kenikmatan sesaat……
    yg pnting prubahan

  9. Dampak terburuk dari onani yg terlihat tentu kebotakan …

  10. Terimakasih banyak atas informasinya

  11. jangan menstruasi ingat masa depan mu ..

  12. bagus. belung Gg 7
    suka menstruasi

  13. Tapi ada dokter yg menyuruh aku untuk melakukan onani-Saat aku berobat sakit di biji kemaluan saya ?
    Yg tau kasih alasannya soalnya aku jadi bingung nih ?

  14. Sebetulnya mana yg benar nih ?
    Ada yg menyuruh onani ?
    Ada juga yg melarang ?
    Jadi mana yg berakibat buruk ?

  15. makasih informasinya :)

  16. Hehehe Pernah si ketahuan tapi
    malah nambah sering

  17. secara sudut pandang biologis,boleh asal jangan terlalu sering
    namun dari segi agama itu sangat dilarang dan di anjurkan untuk shaum/segera menikah jika sudah siap

    good post gan
    http://www.mangazonelocal.blogspot.com

  18. hahaha… makasi infonya

  19. thanks atas infonya . . .

    add my fb : Jucki cllu ada untukmue

    follow my twitter: @luckimahmudi77

  20. jika berkenan sy pribadi….ingin lebih mengenal dan menghindari onani.

  21. aq jadi takut,aq malah bisa 3 dlm shari,tp aq tdk mrasakan dampak negatif nya sekarang.mungkin dampak nya masa depan ya,jwb y lewat pesan di fb,ini fb aqu om’boy legendaris srenk senk

  22. gimana ntar yang penting crooot ..
    eeh tak tau nya kalo habis onani
    plek tiba” rasa menyesal pasti timbul ..

    makasih info nya gan ..

  23. Makasih infonya gan semoga teman saya dengan informasi ini bisa insyaf ! Nikmat sesaat hancur kemudian! :)
    twitter: @yuma_alfath

  24. apa onani dapat menyababkan penyakit menular seksual

  25. thank you so much…
    for this information..!!
    ^_^||

  26. Win Hafis Firdaus Aminesta

    Saya Tak akan ONANI Lagi…..

  27. apakah onani mempengaruhi tinggi badan,,,,?

  28. Mantap sharingnya gan,,,,,,,

  29. Trima ksih atas informasinya… Smoga bsa brmanfaat… Bagi sya n org lain

  30. ngocok terus pantang mundur !!

  31. mkasih gan
    add fb saya “Alex sandra ruzica”

  32. kalau udh mau keluar bilang kyak gni ja “maaf nak kamu keluar tanpa ibu”

  33. hairil anwar KKMR

    negatifnya banyak daripada manfaatnya

  34. Huff :( jdi tkut ama dampak2 nanti.. Tpi bagus jga buat nhan supaya jgn ampe berbuat zina..

  35. Dr Pd Zina,?. Ditahan Jg Ga Enak :D Ngeganjal Difikiran

  36. thanks to information

  37. ngocok terus tanpa mundur

  38. Tapi gini gan gimana kalo solat jalan,yang berhubungan dengan agama bagus deh, aktivitas jalan banget, tapi ya gitu tetep ada rasa ingin itu gimana dong?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: